3 Penyebab Inflasi Menurut Ekonom BI - Beritatabanan.com

Ekbis

3 Penyebab Inflasi Menurut Ekonom BI

Sabtu, 31 Juli 2021 | 10:45 WITA
3 Penyebab Inflasi Menurut Ekonom BI

beritabali/ist/Ekonom BI paparkan 3 penyebab inflasi.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritatabanan.com, Tabanan.
Ekonom Ahli Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, S. Donny H. Heatubun memaparkan soal inflasi, kelembagaan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan penilaian TPID Awards. 
Secara umum, ia menjelaskan penyebab inflasi terdiri tiga yaitu, dorongan biaya/cost push, disebabkan oleh depresiasi nilai tukar, kenaikan harga komoditi yang diatur pemerintah, shocks akibat bencana alam dan terganggunya distribusi, tarikan permintaan/demand pull (berasal dari kenaikan permintaan melebihi jumlah pasokan yang ada). 
Sedangkan tiga ekspektasi inflasi yang merupakan perilaku pembentukan harga di tingkat produsen dan pedagang terutama saat menjelang hari besar keagamaan dan penentuan upah minimum regional. 
Dari sisi kelembagaan, struktur organisasi TPID Kabupaten/Kota dipimpin oleh Bupati atau Walikota, Wakil Ketua oleh Pejabat KPwDN Bank Indonesia dan Pimpinan OPD terkait selaku sekretaris dan anggota TPID. Tugas pokok TPID mengacu pada program pengendalian inflasi 4K (Ketersediaan Pasokan, Keterjangkauan Harga, Kelancaran Distribusi dan Komunikasi Efektif). 
Halaman :

TAGS : Ekonom Ahli Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, S. Donny H. Heatubun Memaparkan Soal 3 Penyebab Inflasi.


Beritajembrana.com - Media Online Jembrana Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Jembrana, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya