News

Disdik Tabanan Upayakan Penggabungan Puluhan Sekolah Dasar

 Kamis, 21 Oktober 2021, 21:00 WITA

bbn/ilustrasi/Disdik Tabanan Upayakan Penggabungan Puluhan Sekolah Dasar.

IKUTI BERITA TABANAN LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritatabanan.com, Tabanan. 

beritatabanan.com/tag/Dinas-Pendidikan-Tabanan">beritatabanan.com/tag/Dinas-Pendidikan-Tabanan">Dinas Pendidikan Tabanan sedang berupaya melakukan penggabungan atau regrouping sekolah untuk efektivitas dan efisiensi, khususnya pada jenjang sekolah dasar.


Pada tahun ini sudah ada 36 sekolah dasar yang digabung menjadi satu. Dan ini diperkirakan masih akan berlanjut pada tahun depan atau 2022 mendatang. Bahkan rencananya, penggabungan akan dilakukan terhadap 40 sekolah.

"Baru rencana. Belum pasti. Mudah-mudahan bisa sekian," kata beritatabanan.com/tag/Kepala-Dinas-Pendidikan-Tabanan">beritatabanan.com/tag/Kepala-Dinas-Pendidikan-Tabanan">Kepala beritatabanan.com/tag/Dinas-Pendidikan-Tabanan">Dinas Pendidikan Tabanan, I Nyoman Putra, Kamis (21/10).

Penggabungan sekolah menjadi salah satu upaya pihaknya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Baik dari segi efektivitas dan efisiensi anggaran. Upaya ini untuk menghindari risiko siswa tidak memperoleh Bantuan Operasional Sekolah atau BOS.

Sesuai dengan petunjuk teknis BOS reguler, sekolah yang tiga tahun berturut-turut, jumlah siswanya di bawah 60 orang berpotensi tidak memperoleh BOS.

Selain itu, penggabungan sekolah juga sebagai salah satu cara untuk mengantisipasi krisis tenaga pendidik atau guru.

Diperkirakan, beberapa tahun ke depan Tabanan krisis tenaga pendidik khususnya di jenjang sekolah dasar. Krisis ini akibat banyaknya angkatan tenaga pendidik yang pensiun.


Halaman :