News

SMPN 1 Tabanan Paling Banyak Dilirik Untuk Jalur Prestasi

 Kamis, 24 Juni 2021, 10:25 WITA

beritatabanan/ist

IKUTI BERITA TABANAN LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritatabanan.com, Tabanan. 

Tahapan penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online untuk jenjang SMP dan secara manual jenjang SD di Kabupaten Tabanan dimulai hari ini Senin 21 hingga 23 Juni 2021. 


Proses pendaftaran untuk jalur prestasi, afirmasi, dan jalur perpindahan orang tua telah berjalan dengan lancar dan sedang proses verifikasi. Jalur prestasi di SMPN 1 Tabanan paling banyak dilirik. Di SMPN 1 Tabanan pendaftar di jalur prestasi sebanyak 223 dari kuota sebanyak 53 orang. Kemudian jalur afirmasi pendaftarnya sebanyak 14 dari total kuota 53 orang. Sedangkan untuk jalur perpindahan orang tua pendaftarnya sebanyak 34 orang dari total kuota sebanyak 17 orang. 

SMPN 2 Tabanan pendaftar di jalur prestasi sebanyak 96 orang dari kuota sebanyak 44. Kemudian jalur afirmasi pendaftarnya sebanyak 19 orang dari total kuota 44 orang. Sedangkan untuk jalur perpindahan orang tua pendaftarnya sebanyak 8 orang dari total kuota sebanyak 13 orang. SMPN 3 Tabanan pendaftar di jalur prestasi sebanyak 25 dari kuota sebanyak 19. Kemudian jalur afirmasi pendaftarnya sebanyak 5 orang dari total kuota 19 orang. 

Sedangkan untuk jalur perpindahan orang tua pendaftarnya sebanyak 3 orang dari total kuota sebanyak 6 orang. SMPN 1 Kediri pendaftar di jalur prestasi sebanyak 53 dari kuota sebanyak 39 orang. Kemudian jalur afirmasi pendaftarnya sebanyak 32 dari total kuota 39 orang. Sedangkan untuk jalur perpindahan orang tua pendaftarnya sebanyak 13 orang dari total kuota sebanyak 13 orang.

Kepala SMPN 1 Tabanan, I Wayan Widarsa mengatakan, proses pendaftaran jalur khusus mulai prestasi, afirmasi, dan perpindahan orang tua. Pendaftaran telah ditutup pada pukul 13.00 Wita dan kemudian dilakukan proses verifikasi berkas para pendaftar. “Secara umum pendaftar yang paling banyak adalah di jalur prestasi. Dari kuota 53 orang, jumlah pendaftarnya sebanyak 223 orang,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Tabanan, I Nyoman Putra mengatakan, proses pendaftaran siswa yang diutamakan adalah jalur prestasi, afirmasi, dan perpindahan orang tua. Saat ini, tiga jalur tersebut telah selesai dan dilanjutkan dengan pendaftaran melalui jalur zonasi mulai Senin 28 Juni 2021 mendatang. Pelaksanaan tersebut sesuai dengan juklak dan juknis yang telah ditetapkan. 

Selain itu untuk memaksimalkan sistem, dalam artian jika ada sisa kuota dari jalur prestasi, afirmasi dan perpindahan orang tua yang tidak terpenuhi, semuanya akan dipenuhi di jalur zonasi. “Misalnya, di jalur perpindahan orang tua tidak terpenuhi kuotanya, sisa dari kuota tersebut akan dipenuhi atau dialihkan ke jalur zonasi,” ungkapnya.

Siswa yang tidak terakomodir di jalur khusus akan berkompetisi pada jalur zonasi. Pelajar yang tidak tinggal di zonasi dari pendaftaran jalur prestasi misalnya SMPN 1 Tabanan, akan balik ke kampung halamannya masing-masing sesuai dengan zonasinya. “Kita harapkan PPDB tahun 2021 ini bisa berjalan dengan baik, dan siswa bisa belajar maksimal pada tahun ajaran baru,” katanya. 

Penulis : bbn/tbn